GPS Kini Bisa Pantau Nuklir Ilegal

Anda sedang membaca berita terbaru dengan judul GPS Kini Bisa Pantau Nuklir Ilegal di blog Sindikasi Online. Semoga bermanfaat bagi Anda.

GPS pemantau nuklir
GPS pemantau nuklir

LAS VEGAS - Kini perkembangan alat global postioning system (GPS) ternyata tidak hanya mampu digunakan untuk menuntun jalam dalam berkendara.

Dalam pertemuan Comprehensive Nuclear-Test-Ban Treaty Organization (CTBTO), para peneliti Amerika Serikat (AS) memperkenalkan alat baru untuk mendeteksi ledakan nuklir ilegal berbasis GPS.

"GPS adalah pelengkap metode lain, dan dapat membantu memastikan bahwa uji coba nuklir telah terjadi terutama ketika ujian itu ternyata ilegal, sehingga efeknya di udara sangat halus, dan sebaliknya hampir mustahil untuk mendeteksi," kata Jihye taman, seorang mahasiswa doktoral di Ohio State University, seperti dilansir TG Daily, Jumat (10/6/2011).

Teknik ini bergantung pada fakta bahwa pengujian nuklir ilegal bahkan meninggalkan jejak mereka pada bagian atas atmosfer dan ini bisa diambil oleh GPS.

"Sinyal GPS harus lulus dari pemancar pada satelit tinggi di atas planet ke tanah berbasis receiver," kata profesor Dorota Grejner-Brzezinska "Air molekul, Lebih khusus, elektron dan partikel lainnya yang dikenakan di ionosfer - mengganggu sinyal, menghasilkan kesalahan posisi," tambahnya.

Para peneliti memeriksa data GPS uji coba nuklir Korea Utara pada tahun 2009, mereka menemukan bahwa GPS stasiun di negara-negara terdekat mencatat perubahan dalam kerapatan elektron ionosfir, dalam beberapa menit, sebagai gelembung partikel terganggu menyebar dari pengujian situs dan di planet ini.
(tyo)

View the Original article

{ 0 comments... silakan baca komentar di bawah ini atau tulis komentar Anda. }

Post a Comment