Beli Mobil Seken? Lebih Baik Bayar Tunai

Anda sedang membaca berita terbaru dengan judul Beli Mobil Seken? Lebih Baik Bayar Tunai di blog Sindikasi Online. Semoga bermanfaat bagi Anda.

F: Mobil Bekas (okezone)
F: Mobil Bekas (okezone)

JAKARTA – Maraknya penipuan dalam transaksi atau jual beli mobil bekas membuat kita harus ekstra waspada. Ada tips dan triknya saat kita berencana membeli mobil bekas dan aman dari penipuan.
Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Ajun Komisaris Besar Polisi Niko Alvinta mengimbau kepada masyarakat agar tidak terjebak pada pembelian mobil-mobil bodong alias tak memiliki surat atau memiliki surat-surat palsu.

"Ada 3 tahap untuk melakukan pengecekan sebelum membeli kendaraan roda empat khususnya yang seken," ungkapnya kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (1/6/2011).

Yang pertama, pastikan STNK dan BPKB kendaraan itu asli dengan cara mengecek ke Polisi, khususnya direktorat Lalu lintas atau Samsat. "Pertama, cek STNK dan BPKB ke Polisi. apakah itu asli atau tidak," jelas Niko.

Langkah kedua selalu lakukan cek fisik dengan menyamakan nomor yang tertera pada surat-surat dengan yang ada di mesin kendaraan. "Yang kedua, lakukan cek fisik dengan mencocokan isi pada surat-surat dan nomor pada mesin kendaraan," katanya lagi.

Dan yang terakhir, usahakan mobil seken itu dibeli dengan tunai. Pasalnya, menurut Niko, pembelian melalui kredit malahan menimbulkan kerawanan penipuan. "Dan yang terakhir lakukan jual beli dengan sah dan tunai, jika dilakukan dengan kredit itu malah rawan terjadi penipuan," tuturnya.
(zwr)

View the Original article

{ 0 comments... silakan baca komentar di bawah ini atau tulis komentar Anda. }

Post a Comment